Sosialisasi Lanjutan Pengembangan SID Kab. Jepara

Foto Pengembangangan SID Kab. Jepara (Foto Diman)

KECAPI- Dinsospermasdes Kab. Jepara Mengadakan Pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) dikembangkan sebagai sistem pendukung yang mudah dan murah yang dapat digunakan desa secara berkelanjutan. Harapannya desa dapat lebih mudah memetakan dan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki. Dengan demikian, selain perencanaan pembangunan dapat lebih tepat sasaran sesuai kepentingan dan kebutuhan masyarakat, desa juga mampu bekerja sama dengan pihak lain secara interdependen dan mutualistik.

Pelatihan Pengembangan SID , di Aula Dinsospermasdes  Kab. Jepara

SID memang dibangun pada sistem terkomputerisasi dan berbasis internet. Namun, sistem ini tetap bisa dijalankan pada kondisi tidak ada jaringan internet. Untuk optimalisasi pemanfaatannya, perangkat tersebut dirancang dalam sebuah kerangka konvergensi media dengan menggunakan ragam media lain. Strategi konvergensi media ini diterapkan untuk memudahkan warga mengakses data dan informasi yang diperlukan sesuai dengan media yang dikuasainya. Ragam media yang dibangun dan membentuk Sistem Informasi Desa ini bisa meliputi laman desa, radio siaran komunitas, buletin/koran desa, papan informasi, dan sebagainya.

Aplikasi SID adalah aplikasi terbuka (free and open source software) yang dapat diperoleh, digunakan, dimodifikasi, dan disebarluaskan secara bebas untuk tujuan nonkomersial. Dengan demikian, sistem dan basis data yang terbangun akan selalu terbarui dan sesuai dengan situasi dan kondisi setempat.

 

Admin (D5n, 08/09/18)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan