PELATIHAN PENGOLAHAN BANK SAMPAH

Foto Pelatihan Bank Sampah Karangtaruna Shima dan Badan Lingkungan Hidup Kab. Jepara (Foto By : Bara 12/8)

 KECAPI – Karang Taruna SHIMA Desa Kecapi bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jepara dalam rangka meyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Bank Sampah pada hari Minggu, 12 Agustus 2018.

Penyerahan Simbolis Karung Sampah, Ketua Karang Taruna SHIMA (Kiri Tengah) ke Anggota Karang Taruna (Kanan Pojok), (Foto By Bara)

Pengelolaan sampah berbasis masyarakat menjadi agenda utama dalam program pengelolaan sampah di Indonesia khususnya desa Kecapi. Keterlibatan masyarakat secara langsung dalam mengelola sampahnya, sudah gencar disosialisasikan oleh berbagai pihak dimulai dari upaya upaya mengurangi, memanfaatkan kembali sampai mendaur ulang sampah. Dibutuhkan kesadaran dan komitmen secara kolektif menuju perubahan sikap/perilaku serta perubahan etika berbudaya lingkungan.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah. Bahwa pengelolaan sampah selama ini belum sesuai dengan metode dan teknik pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan sehingga menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungan.

Foto Anggota Karangtaruna mengikuti Pelatihan Bank Sampah (Foto By Bara)

Di dalam UU RI Nomor 18 Tahun 2008 juga menyatakan bahwa sampah telah menjadi permasalahan nasional. jadi pengelolaannya perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu agar memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan serta dapat mengubah perilaku masyarakat.

Seperti yang kita ketahui bahwa Bank Sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering dan dipilah. Serta bank sampah memiliki manajemen layaknya perbankan but yang ditabung bukan uang melainkan sampah. Sampah yang ditabung ditimbang dan dihargai dengan sejumlah uang nantinya akan dijual di pabrik yang sudah bekerja sama. Tujuan bank sampah yaitu strategi untuk membangun kepedulian masyarakat agar berteman dengan sampah untuk mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah.

Foto Anggota Karangtaruna SHIMA dan Dinas BLH Pelatihan Bank Sampah Desa Kecapi (Foto By : Bara)

Tujuan pelatihan lingkungakan hidup ini agar dapat lebih meningkat kepedulian mereka terhadap lingkungan hidup especially di bidang persampahan. Sehingga pengelolaan sampah dapat berjalan secara proportional, effective dan efficient.

 

Admin (Den D5n)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan