Kuliner Khas “SEGO PENDO” Desa Kecapi

Pj. Petinggi Kecapi Ahmad Widiyanto menikmati olahan Sego Pendo di Pasar Desa Kecapi Pelem Gogor (Foto By Diman)

KECAPI– Jika berbicara kuliner dengan olahan ikan laut, Jepara ada Pindang Srani. Selain itu Jepara juga memiliki bahan baku kuliner lain, yakni Udang Kali (Air Tawar). Di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan, ada satu olahan makanan ciri khas Desa Kecapi yang berbahan baku udang kali dinamai Sego Pendo.

Makanan ini disajikan dengan lauk udang kali ditumbuk dengan berbagai bumbu khusus dan parutan kelapa muda. Untuk penyajiannya Sego Pendo dibungkus daun mengkudu (Pace) dan dilapisi daun pisang dengan rasa yang khas. Cara penyajian ini menambah aroma yang khas saat dinikmati serta dapat menggugah selera makan.

Foto Kepala Disperindag Kabupaten Jepara bersama Pj. Petinggi dan Sekcam Mencicipi Makanan Khas Desa Kecapi “Sego Pendo” (Foto By Diman)

Sego pendo yang dulunya hanya disajikan dengan cara di titipkan di warung-warung kecil, sekarang untuk mendapatkan olahan khas ini, warga tak lagi perlu bertanya dari satu warung nasi ke warung nasi lainnya. Dengan dibukanya Pasar Pelem Gogor yang berada di RT 23 RW 04 Desa Kecapi ini memudahkan warga mendapatkan dan menikmati Sego Pendo.

Dalam peresmian pasar desa itu makanan yang di bandrol cukup murah yakni, Rp. 5 ribu per bungkus ini laris manis dan ludes terjual oleh pembeli. Selain dibawa pulang, pembeli juga bisa menikmatinya langsung di lokasi tersebut. Kasir, selaku Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Kecapi , mengungkapkan kesederhanaan dan gurih manisnya khas udang kali ditambah bahan dan bumbu lainnya membuat rasanya lezat dan nikmat. Terlebih dipadu dengan nasi putih hangat membuat makanan ini tidak kalah dengan makananan Jaman Now, “Rasanya khas sekali dan hanya ada di Desa Kecapi”. tutur dia.

Dipasar yang berkonsep kuliner dan wisata ini, sego pendo menjadi menu faforit bagi pengunjung pasar dan banyak dijajakan oleh para anggota PKK yang merupakan perwakilan delapan RW di lapak-lapak pasar itu.

Penjabat (Pj) Petinggi Kecapi Ahmad Widiyanto menjelaskan, Pasar Pelem Gogor Desa Kecapi ini dibuat memang untuk menjual dan sekaligus memasarkan produk unggulan khas desa Kecapi. Pasar ini siap memanjakan pengunjung mulai pagi hari hingga petang.

“Pasar ini bisa dimulai sepagi mungkin, karena ternyata warga masyarakat Kecapi punya banyak produk unggulan. Diluar desa Kecapi pun silahkan untuk mengambil barang-barang atau kulakan di Pasar Pelem Gogor Kecapi” imbuhnya.

Selain melayani pembeli dalam sekala kecil, pria yang akrap disapa Mas Wiwid ini menuturkan, para pedagang juga siap melayani pembelian dalam sekala besar. Pasar ini resmi menjadi desa ke-50 di Kabupaten Jepara yang dikelola oleh Pemdes (Pemerintah Desa).

 

(Adm/D5n)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan