PENETAPAN DPT DAN CALON PETINGGI DESA KECAPI

Foto Calon Petinggi Kecapi Periode Tahun 2018-2024

KECAPI– Tahap pendaftaran bakal calon petinggi, di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara telah terlewati (27 Agustus – 04 September 2018) lalu. Tahapan itu sekaligus menandai pelaksanaan Pemilihan Petinggi (Pilpet) serentak 22 November 2018 mendatang.

Telah di tetapkan pula nomor urut Calon Petinggi Kecapi di aula Balai Desa Kecapi pada akhir september lalu. Selanjutnya pula telah diselenggarakan tahapan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada 11 Oktober 2018. Melalui DPT ini juga dapat dilihat berapa jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya dan berapa yang tidak hadir pada pelaksanaan pemungutan suara.

Adapun jumlah pemilih yang telah ditetapkan sebanyak 11.652 Orang. Maka perlu di pahami bagi Calon Petinggi berkewajiban untuk menginformasikan kepada para Kader, jangan sampai kurang memahami akan aturan main sehingga menimbulkan persoalan dalam perjalanan Pemilihan Petinggi pada 22 November Mendatang.

Diantaranya sebelum di tetapkan,  Lima Bakal calon petinggi kecapi yaitu : Sismuji, Sukambali, Sujasminah, S.Ag., Sudaryoto dan Sugiyoto Kemudian setelah di undi terpilih 5 calon Petinggi Kecapi,  berikut nama beserta nomor urut Calon :

1. SUGIYOTO

2. SUJASMINAH, S.Ag

3. SUDARYOTO

4. SUKAMBALI

5. SISMUJI

Acara yang dihadiri oleh seluruh Panitia Pilpet, 5 calon Petinggu, Camat Tahunan, Kapolsek Tahunan, Danramil Tahunan, Pj. Petinggi Kecapi, Ketua dan Anggota BPD, dan LKMD Desa Kecapi. dan dalam Penetapan tersebut Camat Tahunan Eko Kasiono menyampaikan :

  1. Pilkades yang saat ini sudah berjalan pentahapan sampai dengan penentuan  Undian Nomor Urut Calon, dan akan terus bergulir sampai dengan hari pemungutan suara dan diakhiri dengan pelantikan Kepala Desa Terpilih, tentu ini merupakan tanggung jawab kita semua untuk dapatnya tercipta kondisi yang aman tentram dan damai dilingkungan masing – masing. Sehubungan dengan hal tersebut, kepada para Calon petinggi agar menjadi Pelopor untuk terwujudnya desa yang aman dan Kondusif;
  2. Pilpet adalah proses demokrasi yang tumbuh berkembang di desa, maka menjadi tugas kita semua untuk mengawal jalannya demokrasi jangan sampai dicidrai oleh kepentingan kelompok dan juga kepentingan sesaat, ingat Kepala Desa merupakan figur pimpinan di desa yang digugu dan ditiru, dan masyarakat akan menggantungkan nasibnya kepada Petinggi, begitu juga desa itu 6 tahun kedepan akan dibawa kemana itu juga sangat bergantung kepada Petinggi, maka tugas kita semua agar jangan sampai terjadi  Pilpet di Wilayah Kecamatan Tahunan dipermainkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang berorientasi kepada materi;
  3. Para Petinggi Desa Kecapi agar membangun kemitraan dengan semua pihak, dan jika ditemui persoalan agar dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat serta mengindahkan semangat kekeluargaan, dengan demikian akan terhindar komunikasi yang salah, tetapi justru akan terwujud komunikasi yang nyaman. Ingat  bahwa semua Pemilihan  pasti akan ada yang menang dan juga ada yang kalah.

Untuk itu kepada para Calon agar nantinya diagendakan penandatanganan berita acara tentang siap kalah dan siap menang. Artinya bagi yang menang jangan melupakan yang kalah, justru harus direngkuh dan bagi yang belum beruntung agar  lego legowo untuk menerima kenyataan.

(Diman/Adm)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan