3 Faktor Penentu Kemajuan Desa

Kegiatan Pembangunan Desa Melalui Program Padat Karya (Foto By Diman)

KECAPI_Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/ atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Desa tidak selalu miskin dan sederhana. Bahkan ada yang sangat maju dan makmur. Beberapa desa juga telah tersedia jaringan listrik, air, dan komunikasi. Ada beberapa sebutan yang menentukan kemajuan desa. Ada desa tradisional, desa swadaya, desa swakarya (sedang berkembang), dan desa swasembada (maju). Banyak faktor yang menentukan kemajuan desa seperti keadaan dan tata kehidupan penduduk desa. Berikut adalah faktor-faktor yang menentukan kemajuan desa. Langsung saja kita simak :

1.    Potensi Desa

Potensi desa terdiri dari sumber daya alam dan sumber daya manusia. Sumber daya alam kebanyakan berada di sektor agraris. Sedangkan sumber daya manusia mencakup kualitas pendidikan masyarakat dan aparat pemerintah desa. Selain itu, potensi di sektor pariwisata terkadang dapat menunjang kemajuan desa.

2.    Hubungan dengan Daerah Lain

Sama halnya dengan manusia, sebuah desa tidak dapat berdiri sendiri sepenuhnya tanpa kerjasama dengan daerah lain. Hubungan atau interaksi dapat terjadi antara sesama desa maupun desa dengan kota. Hubungan dapat dilakukan melalui jaringan komunikasi dan transportasi yang memadai.

3.   Lokasi Desa

Letak desa juga menentukan kemajuan sebuah desa. Jika lokasinya berdekatan dengan daerah yang lebih maju, maka desa tersebut akan lebih berkembang. Tentu saja ini harus didukung dengan sarana transportasi yang memadai. Selain itu, lokasi desa juga menentukan potensi yang dimiliki oleh desa.

Demikian ulasan mengenai 3 Faktor penentu kemajuan desa, semoga bermanfaat.

(Adm/Diman)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan