Stimulan Jambanisasi Melalui Pemanfaatan DD Tahap III Desa Kecapi

Pemanfaatan DD Tahap III Stimulan Jambanisasi Desa Kecapi

KECAPI_Pemanfaatan Dana Desa (DD) Tahap III Tahun 2018 diharapkan dapat meningkatkan pemerataan pembangunan kesejahteraan desa melalui peningkatan pelayanan publik di desa, memajukan perekonomian desa, mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa serta memperkuat masyarakat desa sebagai subjek dari pembangunan.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kecamatan Tahunan Desa Kecapi tergolong memiliki tingkat ODF yang Tinggi. Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

Untuk mewujudkan harapan bebas ODF tersebut, Pemerintah Desa Kecapi mendukung penuh dan mengalokasikan kucuran dana untuk program bidang pemberdayaan masyarakat dan bidang pembinaan kemasyarakatan melalui Pos Forum Kesehatan Desa (FKD) berupa jambanisasi.

Ketua FKD Kecapi Iriyanto mengatakan, sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat, Pada Tahun 2018 FKD Desa Kecapi melaksanakan program jambanisasi di Desa Kecapi. Bantuan stimulan jamban diberikan kepada 46 RT per RT diberikan 1 stimulan jamban.

“Program Stimulan Jambanisasi ini telah dilaksanakan di tahun 2018. Nantinya pada Tahun 2019 kami akan berikan bantuan stimulan jambanisasi untuk 1 jamban per RT dari 46 RT ,” kata Iriyanto selaku Ketua FKD Desa Kecapi.

Kami memberikan bantuan berupa material kepada keluarga yang menerima seperti semen, Pasir, Bata, kloset, paralon dan penutup septic tank. Pengerjaannya diserahkan kepada warga penerima bantuan dan didampingi oleh masing-masing Kadus.

Petinggi Desa Kecapi Sukambali menambahkan, program pemberdayaan masyarakat dengan melaksanakan jambanisasi kepada warga yang belum memiliki jamban sehat sejalan dengan program Pemdes Kecapi yang berharap menumbuhkan kesadaran masyarakat Desa Kecapi dari buang air besar sembarangan (BABs) melalui program stimulan jamban.

“Program ini sejalan dengan program Pemdes Kecapi. Di Kecapi sendiri masih banyak kepala keluarga yang belum memiliki jamban sehat. Program ini akan terus dilaksanakan agar Desa Kecapi terbebas dari BABs dan ODF sehingga menjadi lingkungan yang bersih dan sehat,”ujar beliau.

(Adm/D’man) 😀

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan