Kenali 5 Gejala Demam Berdarah Dengue Di Sekitar Anda

KECAPI_Karena gejala Demam Berdarah mirip dengan infeksi virus pada umumnya, seperti demam, nyeri otot, sakit kepala, dan mual. Membuat gejala demam dengue seringkali tidak terdeteksi, karena diduga sebagai penyakit lain. Padahal DD bukanlah penyakit yang dapat dianggap remeh, apalagi jika sudah menjadi DBD. DBD dapat menyebabkan kematian, oleh karena itu segeralah periksakan diri ke dokter jika Anda merasakan gejala tersebut di atas.

Kunjungi Juga Waspada Demam Berdarah 

Agar kondisi tidak memburuk, jangan abaikan beberapa gejala DBD seperti dibawah ini :

1. Demam tinggi

nda perhatikan adalah demam dari gejala DBD bisa mencapai 40 derajat celcius dan terjadi secara mendadak. Demam DBD biasanya terjadi selama dua sampai tujuh hari.

2. Sakit kepala dan nyeri otot

Gejala selanjutnya setelah beberapa jam mengalami demam adalah sakit kepala parah. Rasa sakit biasanya muncul di sekitar dahi bahkan terasa hingga ke bagian belakang mata. Selain itu, pasien akan merasakan nyeri pada bagian sendi dan otot. Kondisi ini kadang membuat pasien menggigil dan berkeringat.

3. Mual, muntah, dan tubuh terasa lelah

Demam berdarah juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan, seperti mual dan muntah. Perut dan punggung juga tidak tidak nyaman. Kondisi ini biasanya terjadi selama dua sampai empat hari.

Semua gejala yang terjadi pada pasien akan membuat nafsu makan menurun. Akibatnya, pasien akan merasakan tubuhnya lelah karena sistem kekebalan tubuh yang mulai melemah dan kurangnya asupan nutrisi.

4. Ruam merah pada kulit

Munculnya Ruam Merah Pada Kulit tepatnya pada wajah, telapak tangan, bawah kaki, atau bagian tubuh lainnya menunjukkan fase kritis. Ini adalah gejala khas dari demam berdarah yang menandakan bahwa DBD sudah memasuki fase kritis.

5. Terjadi Pendarahan

Selain ruam, DBD sudah mulai masuk ke fase yang serius jika terjadi perdarahan, seperti mimisan atau gusi berdarah. Kondisi ini bisa bertambah parah dan menyebabkan komplikasi, seperti rusaknya kelenjar getah bening dan pembuluh darah, pembesaran hati, dan gagal beredarnya sistem peredaran darah.

Tanpa perawatan medis, kondisi ini bisa mengakibatkan shock, pendarahan hebat, bahkan kematian, Kondisi ini dikenal dengan Dengue Shock Syndrome (DSD).

(Adm/D’man) SALAM SEHAT !! 😀

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan