Pelatihan Lanjutan Siskeudes di Aula Balai Desa Kecapi

Pelatihan Siskeudes di Desa Kecapi (Foto/Diman)

KECAPI_ Pelatihan bimtek Siskuedes desa di kecapi sebagai pelatihan lanjutan yang telah dilaksanakan di semarang pada akhir tahun 2018 lalu. Pelatihan ini menindaklanjuti sebagai adanya penambahan parameter baru. Hal itu harus segera di tindak lanjuti oleh desa sebagai tindak lanjut tentang aturan pelaksanaan pengelolaan keuangan yang menggunakan Siskeudes (Sistem Keuangan Desa) Kamis, 31/01/19.

Pembukaan acara di sambut oleh Petinggi Kecapi Sukambali (Tengah), di dampingi dari Kasi PMD Kec. Tahunan Hofsatun Joesoef, SH (Sebelah Kiri) dan di moderatori Plt. Carik Abdullah Mustofa (Sebelah Kanan).

Bimbingan Teknis Aplikasi Siskeudes Versi 2.0 Dalam Pengelolaan Keuangan Desa sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018. Pelatihan Pengelolaan Keuangan  Desa sangat penting dan sangat diperlukan bagi seluruh Desa khususnya di Kecamatan Tahunan. Apalagi Sistem ini merupakan pengendali sekaligus  sebagai salah satu bentuk aplikasi yang memudahkan bagi desa dalam pengelolaan keuangan desa.

Kecamatan Tahunan di bagi menjadi 3 Cluster untuk pelatihan Siskeudes. Pada hari ini cluster pertama telah melaksanakan pelatihan di Aula Balai Desa Kecapi di ikuti oleh 5 operator Siskeudes dari masing-masing desa diantaranya dari Kecapi, Senenan, Tahunan, Ngabul dan Langon serta di dampingi pula oleh Kasi PMD Kecamatan Tahunan Ibu Hofsatun Joesoef, Sigit Jati Lambang sebagai narasumber dan Pendamping desa dari Kecamatan Tahunan.

Manfaat dari adanya siskeudes  ini nantinya akan bisa memperoleh kemudahan dalam membuat analisa terkait langkah yang harus dilakukan selanjutnya dalam pembangunan desa. Inilah yang dinamakan arti penting dari manajemen keuangan yang harus dilakukan. Semakin cerdas dalam mengelola maka semakin banyak pula manfaat yang akan bisa anda temukan nantinya.

Saat Pelatihan Siskuedes Oleh narasumber kepada peserta. (Foto/Diman)

Siskeudes ini juga akan memberikan kemudahan dalam mengatur kondisi financial, tidak hanya secara spesifiknya namun juga secara menyeluruh. Semua itu akan menjadikan lebih mudah dalam membuat laporan keuangan yang ada di pemerintah desa akan dan transaparansi anggaran kepada masyarakat. Aplikasi keuangan akan memberikan segalanya yang anda butuhkan. Dalam pelayanan publik pun akan bisa menggunakan manajemen keuangan tersebut untuk bisa mengatur berapa manfaat yang bisa diperoleh dari pengolahan sistem keuangan desa.

Dengan Siskeudes, maka semua aset desa dan transaksi keuangan tercatat dan mudah disajikan. Semua transaksi pembelian dan penggunaan uang yang terjadi dalam pengelolaan keuangan desa  akan jauh lebih terekapitulasi dengan baik. Sehingga akan sangat mudah mengeceknya.

Kita juga dapat memasukkan semua rekapitulasi data keuangan yang ada, sehingga akan terbuat neraca keuangannya dan anda akan jauh lebih mudah mengetahui berapa kekayaan desa sebenarnya.

(Adm/Diman) 😀

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan