FKD Desa Kecapi Gelar Lomba Balita Sehat

Foto Ibu dan Balita Peserta Lomba Balita SehatDesa Kecapi (Foto By Diman)

Banyak tahapan kesehatan yang harus dilaksanakan oleh orang tua untuk menjaga kesehatan bayi. Bayi yang sehat akan menjadi anak yang cerdas, aktif dan peka terhadap lingkungan sekitar. Salah satu cara untuk mengetahui kategori bayi sehat adalah dengan standar kurva pertumbuhan World Health Organization (WHO) yang di keluarkan pada tahun 2006.

Seperti yang telah di dilaksanakan oleh Forum Kesehatan Desa (FKD) Kecapi yang menggelar Lomba Balita Sehat di Aula Balai Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaen Jepara pada Sabtu (15/06/19).

Sambutan-Sambutan oleh Ketua FKD dan Petinggi Desa Kecapi Lomba Balita Sehat (Foto By Diman)

Melihat betapa pentingnya mengedukasi orangtua untuk kesehatan anak, Forum Kesehatan Desa (FKD) Desa Kecapi Mengadakan Lomba Balita Sehat dengan Tema “Ciptakan Generasi Yang Sehat & Cerdas Tanpa Stunting”.

Dalam sambutannya Petinggi Kecapi Sukambali, atas nama Pemerintah desa Kecapi mengatakan akan selalu mendukung sepenuhnya Program FKD Desa Kecapi untuk meningkatkan kesehatan dan pelayanan yang terbaik di Desa Kecapi.

Diadakannya kegiatan ini agar memacu motivasi orangtua yang memiliki bayi atau Balita yang ada di sekitar lingkungan Desa Kecapi, agar lebih meningkatkan kesadaran terhadap kesehatan anak.

“Kita mengadakan Lomba Balita Sehat ini, agar mereka berlomba-lomba untuk membuat anak mereka menjadi sehat serta karena sesuai dengan visi kami yaitu memberi pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat sekitar sesuai dengan kebutuhannya” ujar Ketua FKD Desa Kecapi Iriyanto.

Juara Lomba Balita Sehat Usia 6 Bulan – 23 Bulan (Foto By : Diman)

Iriyanto menambahkan bahwa perlombaan balita sehat ini sama seperti perlombahaan biasa diantaranya “Pertama akan kita data dulu, lalu pengukuran indeks massa tubuh, Tentang Imunisasi, penilaian gigi, kemudian status gizi, perkembangan tubuh dan lainnya, tentu saja diperiksa langsung oleh dokter-dokter dari Puskesmas Tahunan” ujarnya. Ia juga menambahkan bahwa lomba ini terbuka untuk dua kategori yaitu 6 bulan sampai 23 bulan, dan 2 sampai 5 tahun.

Juara Lomba Balita Sehat Usia 2 Tahun – 5 Tahun (Foto By : Diman)

Iriyanto mengatakan bahwa berbagai manfaat dapat diambil dari kegiatan ini, selain sebagai ajang silaturahmi kepada warga juga Bidan Desa dan kader-kader posyandu, juga memberi pengetahuan dan motivasi untuk orangtua dalam merawat anak.

“Disini juga banyak sekali ibu-ibu yang memiliki bayi, sehingga edukasi sangat diperlukan agar memicu orangtua agar menjalankan pola hidup sehat,” ujarnya.

 

Admin/ Diman 🙂

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan