Kreatif dan Unik Pemilihan Ketua RT di Desa Kecapi Serasa Pemilu

Foto Calon Ketua RT Dk. Ngesong RT 29/05 Desa Kecapi Kec.Tahunan, Kab. Jepara (Foto By @Kunconx)

KECAPI_Pemilihan pengurus Rukun Tetangga (RT) biasanya cenderung jarang diminati warga, karena pada umumnya, pemilihan ketua RT dipilih langsung dari anggota masyarakat melalui musyawarah tanpa adanya pesta demokrasi layaknya pemilu.

Namun, hal itu tidak berlaku bagi warga Dukuh Ngesong RT 29/05 Desa Kecapi, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara. Minggu (15/12/2019). Pasalnya, euphoria pesta demokrasi mengantarkan warga Dukuh Ngesong RT 29/05 Desa Kecapi untuk melaksanakan pemilihan Ketua RT rasa pemilu.

Panitia mendesain pemilihan layaknya seperti pemilu supaya berbeda dari pemilihan RT yang sebelum-sebelumnya, serta supaya warga di lingkungan RT setempat dapat berpartisipasi langsung dalam menentukan calon pemimpin di lingkungannya guna mengatur roda pemerintahan paling dasar di negeri ini. Alhasil, pemilihan Ketua RT disambut antusias oleh seluruh lapisan masyarakat di lingkungan RT 29/05 Desa Kecapi.

Tercatat ada 5 calon yang memperebutkan jabatan Ketua RT 29/05 Periode 2020-2025, diantaranya Calon Urut Nomor 1 Khumaidi, Nomor 2 Purwanto, Nomor 3 Nanang Wahyudi, Nomor 4 Dikki Abdillah F dan nomor 5 Ikha Rani W.

Keunikan dan Kreatifitas Panitia juga tidak sampai di sini saja, mereka mengkonsep acara mulai dari pendaftaran calon, masa kampanye, penyampaian Visi dan misi hingga pemungutan suara layaknya Pemilihan Umum. Selain itu untuk menarik partisipasi dalam pemilhan RT 29/05 Panitia juga menyediakan doorprize, Hiburan musik serta santunan yatama oleh Arka 29.

Pembagian Doorprize Oleh Petinggi Kecapi Bapak Sukambali di Acara Pemilihan Ketua RT 29/05 RT Dk. Ngesong Desa Kecapi Kec.Tahunan, Kab. Jepara (Foto By @Kunconx)

Dihadiri langsung Oleh Petinggi Kecapi (Bapak Sukambali), beliau memberikan selamat atas terpilihnya 2 Periode Bapak Khumaidi Calon Nomor urut 1 sebagai Ketua RT 29/05. Beliau juga mengapresia­si terhadap pelaksanaan pe­milihan Ketua RT tersebut. Ia berharap setiap wilayah dapat melaksanakan pemilihan Ke­tua RT atau RW dengan sistem seperti ini.

“Saya sangat mengapresia­si pelaksanaan pemilihan ketua RT ini dilakukan se­cara demokrasi seperti Pe­milu. Maunya setiap Pemili­han ketua RT ataupun RW dilaksanakan seperti ini, namun ini semua tergantung dari kreativitas pemimpin, penggerak dilingkungannya masing-masing, salah satunya peran RT, RW, dan warga,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Bapak Sukambali juga berhrap kedepannya para pengurus kelembagaan di tingkat RT dan RW di Desa Kecapi bisa saling bersinergi dengan pemerintahan desa sehingga semua program Pe­merintah bisa berjalan dengan baik.

 

(Adm/Diman). 😀

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan