Bimtek Pembuatan RAB dan Penyusunan RAPBDesa Tahun 2021

KECAPI_Dalam rangka penyusunan Rancangan Peraturan Desa tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (Ranperdes APBDesa) tahun 2021, telah dilaksanakan Bimtek Pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) kegiatan infrastruktur pada hari Selasa, 17/11/2020.

Bertempat di Pendopo Balai Desa Ngabul dengan menugaskan 3 (tiga) orang perangkat desa diantaranya Kaur Perencanaan, Kaur Keuangan dan Kasi Kesejahteraan atau yang membidangi.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Kasi PMD Kecamatan Tahunan Ibu Hofsatun Joesoef, SH menyampaikan tujuan dari bimtek ini untuk meningkatkan SDM pengelola dan pelaksana kegiatan pembangunan di desa baik dari perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan kegiatannya.

“Untuk mewujudkan pelaksanaan kegiatan pembangunan yang sesuai dengan aturan, perlu upaya peningkatan kapasitas aparatur pemerintah, salah satunya melalui Bimtek ini,” ungkapnya.

Sementara itu penyampaian dari narasumber TA ID Kabupaten Jepara Sri Kadarini, S.T., Dengan Bimtek ini, diharapkan dapat meningkatkan keterampilan, menambah pengetahuan, dalam kegiatan pelaksanaan pembangunan di desa khususnya di Kecamatan Tahunan ke arah yang lebih baik.

Karena, rencana anggaran biaya suatu bangunan adalah perhitungan banyaknya biaya yang diperlukan untuk bahan dan upah, serta biaya-biaya lain yang berhubungan dengan pelaksanaan bangunan tersebut.

Sehingga dikatakan, kegiatan ini memberikan pengetahuan teknis bagi aparatur desa mengenai teknis penyusunan desain RAB sederhana bagi kegiatan fisik konstruksi pelaksanaan sosialisasi pengadaan barang dan jasa pemerintah di Kecamatan Tahunan.

Dalam pelaksanan bimtek kali ini tetap mengindahkan dan mematuhi protokol kesehatan, dengan demikian bisa mencegah penyebaran Covid-19.

Bimtek ini di hadiri Tenaga Ahli Infrastruktur Desa Kabupaten Jepara Sri Kadarini, S.T. Kasi PMD Kecamatan Tahunan Hofsatun Joesoef, S.H, Pendamping Desa, Kaur Perencanaan, Kaur Keuangan dan Kasi Kesejahteraan desa se Kecamatan Tahunan. (Diman).

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan